Keunikan Museum Ullen Sentalu di Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memiliki banyak peninggalan budaya, terutama budaya Jawa. Dari peninggalan-peninggalan tersebut, baik pemerintah maupun warga Yogyakarta sendiri masih menjaga dan melestarikan dengan baik.

Salah satu wujud melestarikan budaya tersebut adalah dengan adanya beberapa Museum di Yogyakarta. Salah satu museum yang cukup terkenal di Yoyakarta adalah Museum Ullen Sentalu.

Museum yang terletak di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman Yogyakarta ini menampilkan berbagai peninggalan-peninggalan peradaban Jawa. Nama Ullen Sentalu sendiri merupakan singkatan dari kalimat “Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku”, yang memiliki makna “nyala lampu blencong yang merupakan petunjuk manusia untuk melangkah dan meniti kehidupan”.

Di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta ini, pengunjung akan menemukan berbagai keunikan yang akan sulit di lupakan dan membuat pengunjung ingin datang lagi.

Lokasi yang Sejuk dan Tenang

Berada di kawasan pegunungan, Museum Ullen Sentalu memiliki hawa udara yang segar dan sejuk. Udara yang terdapat disekitar Museum Ullen Sentalu Yogyakarta adalah berkisar antar 15 sampai dengan 25 derajat celcius.

Disamping itu, pemandangan yang ada disekitar Museum Ullen Sentalu Yogyakarta sangat hijau dan segar bila dipandang mata. Pengunjung yang datang akan merasa tenang dan damai apabila telah memasuki kawasan Museum Ullen Sentalu. Beberapa tempat di Museum Ullen Sentalu juga bagus untuk diabadikan dalam sebuah foto.

Terdiri dari Beberapa Ruangan

Museum Ullen Sentalu telah dikelola dengan baik oleh sebuah instansi swasta. Bentuk arsitektur dari Museum ini pun tidak seperti bangunan museum pada umumnya. Banyak jalan yang berkelok dan berliku di Museum Ullen Sentalu.

Menurut pemandu, desain Museum tersebut dibuat dengan berkelok dan berliku karena memiliki makana bahwa setiap perjalanan manusia akan ada lika-likunya. Pelayanan dan tata ruang di Museum Ullen Sentalu terbilang sangat baik.

Sebagai contoh, adanya pemisahan beberapa ruangan yang berbeda yang semakin menambah kesan profesionalisme dalam penataan museum ini. Di Museum Ullen Sentalu ini, telah dibagi beberpa ruangan yang didalamnya memiliki beragam koleksi peradaban jawa yang unik.

Di ruangan pertama terdapat ruangan seni dan gamelan yang didalamnya menyimpan koleksi gamelan yang telah dihadiahkan oleh seorang anggota keluarga kerajaan. Gamelan yang ada di museum ini memiliki perangkat yang lengkap. Sehingga pengunjung akan memahami apa saja alat-alat yang ada dalam sebuah gamelan.

Ruangan kedua adalah ruangan yang disebut dengan Guwo Selo Giri. Di ruangan ini pengunjung akan melihat berbagai foto-foto raja dari ke-empat dinasti mataram. Dimana raja-raja tersebut adalah figur raja yang dihormati rakyatnya pada masa itu.

Ruangan  Guwo Selo Giri ini uniknya dibangun dibawah tanah, sehingga bentuknya akan seperti gua. Selanjutnya terdapat ruangan syair, dimana ruangan ini merupakan tempat ditampilkannya syair-syair yang diciptakan dan ditulis oleh keluarga, kerabat maupun teman dari Gusti Ratu Ajeng Koes Sapariyam.

Lalu terdapat ruangan Royal Room Ratu Mas, yang merupakan sebuah ruangan yang dibuat untuk permaisuri dari Pakubuwana X. Ruangan selanjutnya adalah Ruangan Batik. Diruangan ini pengunjung akan dijelaskan mengenai motif-motif batik apa saja yang terdapat di Yogyakarta, beserta makna dari setiap motif batik yang diciptakan.

Di ruangan ini akan didapati banyak sekali berbagai jenis dan motif batik, dan juga akan di jelaskan nasehat-nasehat kehidupan dan filosofi indah yang dibuat orang jawa pada masa itu. Pemandu wisata juga akan menjelaskan perbedaan yang terdapat pada batik Solo dengan batik Yogyakarta.

Lalu akan dijelaskan pula berbagai pakaian adat putri di Yogyakarta, serta berbagai tingkah laku dan kebiasaan keluarga kerajaan pada masa itu. Semua hal itu akan dijelaskan oleh pemandu wisata dalam bentuk “story telling”.

Yang terakhir terdapat sebuah ruangan yang menampilkan foto-foto dari putri tunggal Mangkunegaran VII, mulai dari putrinya kecil, beranjak dewasa, hingga putrinya di pelaminan.

Di dalam setiap ruangan tersebut pengunjung akan lebih mengerti dan memahami beragai filosofi dan petuah jawa kuno, yang sangat bermanfaat apabila diresapi dan dimaknai dengan pikiran dan hati positif

Tidak ada Label Dalam Setiap Koleksi Benda Museum

Museum Ullen Sentalu Yogyakata ini memiliki keunikan dan pelayanan yang sangat memuaskan pengunjung.

Salah satu keunikannya adalah tidak adanya Label yang menjelaskan nama dan sejarah sebuah benda (koleksi benda yang ada di Museum). Sehingga dalam hal ini Jasa Tour Guide sangat membantu pengunjung dalam memahami dan mengenal sebuah benda.

Tour Guide yang Ramah dan Paham Sekali dengan Koleksi Museum

Tour Guide atau Pemandu Wisata di Museum Ullen Sentalu sudah terlatih dan memahami betul sejarah dan filosofi setiap koleksi Museum. Para pemanndu wisata ini akan dengan tenang dan jelas menceritakan filosofi setiap benda dan apa makna yang terkandung dari benda-benda tersebut.

Pemandu Wisata yang ada di Museum Ullen Sentalu ini pun sangat baik dan ramah. Jadi apabila ada pertanyaan dari pengunjung, maka sang pemandu wisata akan memberikan jawaban dengan terperinci dan penuh kesabaran.

Mereka akan menjelaskan setiap benda seakan-akan para pemandu tersebut sedang menceritakn sebuah dongeng. Cerita yang disampaikan oleh para pemandu tersebut juga tidk membosankan, malah membuat pengunjung semakin ingin tau apa sejarah dibalik benda-benda yang terpampang di Museum ini.

Terdapat Sebuah Restoran Unik dengan Nuansa Gothic

Selain dapat menikmati kesejukan alam dan juga keindahan ragam koleksi Museum Ullen Sentalu, pengunjung jug dapat menikmati hidangan lezat dari sebuah Restoran bernuansa Gothic di dalamnya.

Restoran Tersebut bernama Restoran Beukenhof. Kesan pertama saat memasuki Restoran ini adalah nuansa Ghotic yang menyelimuti setiap ruangannya. Oleh karena itu, selain dijadikan tempat makan yang uni restoran in juga dapat menjadi spot berfoto yang unik.

Hidangan-hidangan yang disajikan di Restoran ini pun juga sangat lezat. Pengunjung tidak perlu ragu akan kecewa dengan citarasa masakan restoran ini.

 

Nah, beberapa hal diatas adaah keunikan yang dapat ditemukan di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta. Bagi anda yang akan mengunjungi Kota Yogyakarta, sanat direkomendasikan untuk mengunjungi museum ini.

Harga tiket yang harus dibeli untuk dapat masuk Museum Ullen Sentalu adalah Rp 15.000 untuk anak-anak dan Rp 30.000 untuk dewasa. Sedangkan untuk Turis dari mancanegara akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 30.000 untuk anak-anak dan Rp 50.000 untuk orang dewasa.

Jam operasional dari Museum Ullen Sentalu Yogyakarta adalah setiap hari Selasa sampai dengan hari Minggu, mulai pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Untuk fasilitas yang disediakan Museum Ulen Sentalu Yogyakarta juga sudah lengkap.

Mulai dari tempat parkir yang luas, tempat beribadah, serta toilet sudah tersedia lengkap di tempat itu. Jadi pengunj tak perlu khawatir untuk berkunjung di Museum Ullen Sentalu dalam waktu yang cukup lama.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *