Lima Keunikan Malioboro yang wajib kamu tahu

Yogyakarta memang selalu menarik untuk dikunjungi. Salah satu Provinsi Istimewa di Pulau Jawa ini menyimpan beragam keunikan budaya yang hanya dapat ditemukan di Yogyakarta sendiri.

Mulai dari kesenian hingga makanan khas Yogyakarta selalu membuat pengunjung ingin kembali lagi ke kota tersebut. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi pada saat berkunjung ke Yogyakarta adalah kawasan Jalan  Malioboro.

Berada di pusat kota Yogyakarta, kawasan Malioboro menjadi tempat para wisatawan untuk berburu oleh-oleh dan kerajinan khas Yogyakarta. Banyak penjual souvenir maupun makanan berkumpul ditempat tersebut.

Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Oleh karenanya, tempat tersebut menjadi destinasi wajib para wisatawan yang hendak kembali ke kampong halaman. Bagi calon wisatwan yang belum pernah ke Jalan Malioboro Yogyakarta, berikut ini kita rangkumkan beragam keunikan yang dapat ditemukan di Jalan Malioboro.

Tempat Berkumpulnya Seniman Yogyakarta

Yogyakarta yang terkenal dengan sebutan kota pelajar juga terkenal akan banyaknya seniman yang lahir dari kota tersebut. Mulai dari seniman lukis, seniman ari, sampai seniman musik, semuanya ada di kota Yogyakarta.

Bahkan mungkin setiap sudut kota Yogyakarta telah memiliki senimannya masing-masing. Salah satu tempat mudah untuk menemukan seniman di Yogyakarta adalah di Jalan Malioboro. Apabila beruntung, maka ketika berkunjung di jalan Malioboro paa malam hari pengunjung akan melihat berbagai aksi pertunjukan seni di jalan raya.

Kadang pertunjukan musik, kadang pertunjukan tari, atau para musisi-musisi modern yang biasanya merupakan mahasiswa-mahasiswa pecinta Seni di Yogyakarta sedang bernyanyi ditengah jalan.

Peralatan yang digunakan untuk melakukan pertunjukan musik tersebut sangat lengkap dan bukan alat biasa. Kadang instrument yang dibawakan merupakan hasil ciptaan para mahasiswa iu sendiri.

Suasana ketika pertunjukan tersebut berlangsung terbilang sangat santai dan yang paling penting pertunjukan yang ditampilkan itu pun sangat enak dinikmati karena mewakilkan ‘Anak Muda Banget’. Jika berkunjung ke Jogja dan melihat pertunjukan seni di Malioboro, maka liburan di Jogja sudah terasa lengkap.

Dikelilingi lokasi wisata Menyenangkan lain di Yogyakarta

Selain menjadi tempat berkumpulnya seniman, Jalan Malioboro juga memiliki tempat yang strategis. Berada di pusat kota Yogyakarta dan merupakan jantung Kota Yogyakarta, di sekitar Malioboro terdapat lokasi wisata lain yang tak kalah menarik.

Seperti Benteng Vredeburg, Pasar Beringharjo yang merupakan lokasi berbagai macam motif kain batik, Taman Pintar, dan juga Kraton Yogyakarta. Dan hebatnya lagi, banyak hotel murah di Jogja yang berlokasi dekat denga semua destinasi wisata tersebut.

Sehingga apabila pengunjung masih ingin berlama-lama di kota Jogja dan enggan untuk pergi jauh dari pusat Kota Jogja, maka berjalan-jalan di kawasan Malioboro menjadi pilihan yang sangat tepat.

Tempat berkumpulnya pedagang kaki lima yang Menjajakan Souvenir

Jalan Malioboro memang terkenal dengan beraneka ragamnya souvenir khas Yogyakarta yang dijual ditempat tersebut. Banyak sekali pedagang-pedagang kaki lima maupun pertokoan yang memajang berbagai hasil karya unik dan lucu khas Yogyakarta.

Harga yang ditawarkan para penjual lumayan murah dan tentunya dapat ditawar sampai penjual dan pembeli benar-benar deal dengan harga yang disepakati. Tapi, apabila belanja di Jalan Malioboro, maka pengunjung harus pandai-pandai dalam menawar.

Bila tak pandai dalam menawar, bukannya dapat souvenir yang murah dan berkualitas, tetapi malah mendapat souvenir yang sangat mahal dan kualitas kurangbaik. Tidak perlu takut untuk menawar pada para pedagang di Malioboro. Karena pedagang-pedagang di kawasan tersebut sangat ramah dan enak diajak ngobrol seperti teman sendiri.

Lokasi Selfie Kekinian dan Nongkrong Asik 24 jam di Yogyakarta

Menjadi salah satu destinasi wajib pengunjung di Yogyakarta, maka Pemerintah Kota Yogyakarta mendesain tata kota kawasan Malioboro dengan sangat rapi, dan tentunya “Anak Muda Banget”.

Di sepanjang trotoar dipinggiran Jalan Malioboro akan ditemui banyak sekali bangku-bangku memanjang yang dapat digunakan untuk duduk santai sambil berbincang-bincang dengan sahabat.

Tentunya dengan adanya bangku-bangku yang berjajar rapi dipinggi jalan Malioboro dapat dijadikan salah satu tempat untuk Hunting  foto kekinian bagi generasi sosial media. Foto di Malioboro merupakan agenda yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung di Yogyakarta.

Lokasi yang paling banyak digunakan para wisatawan untuk berkunjung biasanya adalah tempat tulisan “Jl. Malioboro” terpasang.  Selain bangku-bangku yang terdapat di trotoar jalan, di kawasan tersebut terdapat puluhan penjual makanan khas Yogyakarta yang lezat-lezat.

Seperti warung Angkringan Yogyakarta yang menual “Nasi Kucing”, Wedang Jahe, Kopi Joss, Gudeg, Nasi liwet, dan sebagainya. Harga yang ditawarkan oleh penjual-penjual makanan di sana cukup terjangkau.

Dan juga yang lebih asik lagii, beberapa penjual di Jalan Malioboro membuka lapak mereka hingga dini hari. Sehingga bagi para pengunjung yang memiliki masalah dengan kesulitan tidur di malam hari, bisa datang di Jalan Malioboro dan berbincang-bincang dengan sahabatsampai dini hari.

Tentunya dengan menikmati aneka jajanan khas Jalan Malioboro akan membuat begadang pengunjung terasa semakin lengkap dan nikmat.

Surga Belanja Bagi Wisatawan Yogyakarta

Di Jalan Malioboro sudah tidak terhitung berpa banyak pedagang kaki lima maupun pertokoan yang menjajakan berbagai macam souvenir dan kerajinan tangan khas Yogyakarta. Karena banyaknya pedagang di Jalan Malioboro, maka barang-barang yang di jajakan pun sangat beraneka ragam.

Di Jalan Maliobor pengunjung dapat menemukan segala hal yang berhubungan dengan kota Yogyakarta. Mulai dari Aksesoris, Miniatur Kendaraan, Miniatur Andong, Gelang, Kalung, Topi, Blangkon, Bahkan baju daser banyak tersedia di Jalan Malioboro. Harga yang ditawarkan disana sangat terjangkau bila dibandingkan membelinya di pertokoan yang menjual oleh-oleh khas Jogja.

Tapi perlu di ingat, karena banyaknya pedagang di Jalan Malioboro, maka pembeli pun harus pintar-pintar menawar barang yang akan dibeli. Jangan sungkan untuk menawar harga pada para pedagang disana.

Karena setiap penjual di Jalan Malioboro pasti akan menawarkan dengan harga yang lumayan tinggi. Jika pembeli pintar “ngeyel” dalam menawar barang, maka penjual pun akan menyerah pada pembeli.

Para pedagang disana pun tidak anya melayani pembelian eceran, namun beberapa benda seperti gelang, kalung, dan aksesoris-aksesoris lain dijual per lusin atau grosiran. Beberapa pengrajin Sablon Kaos Khas Yogyakarta pun juga ada yang menjajakan kaos mereka dengan harga grosir.

Nah, harga-harga grosir ini sangat menguntungkan bagi wisatawan yang memiliki banyak teman serta keluarga yang menantikan oleh-oleh khas Yogyakarta.

 

Itulah beberapa keunikan yang dapat ditemukan di Jalan Malioboro. Jalan yang paling terkenal di kota Yogyakarta itu tentu masih memiliki puluhan keunikan lainnya. Di jalan tersebut pengunjung akan merasakan keramahan dan kehangatan Kota Yogyakarta beserta penduduk-penduduk asli kota Yogyakarta yang memiliki keramahan luar biasa.

Tidak heran bila ada banyak wisatawan yang selalu merindukan dan ingin kembali ke Kota Pelajar tersebut. Jadi bagi yang belum pernah datang ke Jalan Malioboro, sangat dianjurkan untuk memasukkan Jalan Malioboro kedalam list liburan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *