Menikmati Keunikan Wisata Gumuk Pasir Parang Kusumo Yogyakarta

Yogyakarta adalah sebuah kota di pulau jawa yang memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi wisata yang unik adalah Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta.

Beberapa tahun terakhir lokasi ini menjadi cukup terkenal karena keunikannya. Untuk Anda yang ingin berkunjung ke lokasi ini, dibawah ini adalah info unik yang terdapat di Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta

Berlokasi di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok Yogyakarta, tepatnya berada di Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.  Tempat ini merupakan gurun pasirnya kota Yogya.

Terletak tidak terlalu jauh dari pusatkota Yogyakarta, untuk mencapai Gumuk Pasir Parangkusumo diperlukan waktu satu jam hingga satu setengah jam dari pusat kota Yogyakarta. Jalan menuju lokasi gurun pasir ini pun sudah bagus. Pemandangan yang ada di sekitar rute menuju gumuk pasir akan dihiasi dengan adanya pepohonan cemara di sepanjang jalan.

Proses Terbentuknya Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk dalam bahasa Indonesia berarti Gundukan, jadi gumuk pasir artinya adalah gundukan pasir. Gumuk pasir Parangkusumo Yogyakarta terbentuk secara alami. Menurut warga sekitar gumuk pasir ini terbentuk dari aktivitas vulkanik Gunung Merapi.

Material vulkanik Gunung Merapi mengalir melalui aliran Sungai Opak dan Sungai Progo, lalu terbawa arus hingga menuju pantai Parangtritis dan pantai Depok. Ketika telah sampai di sekitar pantai, material vulkanik tersebut terseret dan terbawa arus ombak, sehingga pada akhirnya material vulkanik tersebut berubah menjadi butiran-butiran halus seperti yang ada di Gumuk Pasir Parangkusumo.

Fenomena alam ini selain menyedot perhatian turis, juga menyedot perhatian para ilmuwan untuk diteliti. Bahkan kabarnya gumuk pasir Parangkusumo Yogyakarta ini akan menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Jenis pasir yang ada di gumuk pasir Parangkusumo Yogyakarta ini bernama pasir barchans. Menurut peneliti, jenis pasir barchans ini memang ada di beberapa Negara yang memiliki iklim tropis dan kering.

Beberpa Negara lain yang memiliki jenis pasir barchans ini adalah Vietnam, dan Filipina. Namun ada keunikan tersendiri dari gumuk pasir yang berada di Kota Yogyakarta ini. Pasalnya kota Yogyakarta memiliki iklim yang tidak terlalu kering, karena memang Negara Indonesia iklimnya cenderung tropis basah.

Oleh karena itu, terjadinya fenomena yang cukup unik di Negara Indonesia ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi ilmuwan yang penasaran dengan terbentuknya gurun pasir ini.

Sandboarding (Ski Pasir) di Gumuk Pasir

Banyak sekali kegiatan menarik yang dapat dilakukan di Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta. Salah satunya adalah aktivitas Sandboarding atau Ski pasir yang dikelola oleh pemuda-pemuda setempat.

Ski pasir di gumuk pasir Parangkusumo ini menjadi kegiatan favorit turis local maupun mancanegara. Untuk dapt menikmati ski pasir ini, wistawan akan dkenakan baiaya sewa peralatan yang menyeruapi Skateboard seharga Rp 150.000 sampai dengan Rp 200.000.

Peralatan tersebut sangat mirip sekali dengan papan Skateboard. Yang membedakan adalah papan ski pasir ini tidak memiliki roda, hanya saja dibagian bawah papan ski ini dilapisi dengan lilin sehingga akan memperlancar papan ketika digunakan untuk meluncur.

Tak perlu takut untuk mencoba olahraga unik satu ini. Pemuda setempat yang mengelola Sandboarding ini akan mengajari semua pengunjung dengan baik. Untuk pengunjung yang belum pernah mencoba ski pasir ini, pemandu akan mengajak ke daerah perbukitan yang tidak erlalu tinggi.

Karena biasanya para pemula masih takut terjungkal dan jatuh. Apabila pengunjung dirasa sudah cukup mahir dan memiliki keberanian serta nyali yang tinggi maka pemandu akan mengajak ke daerah perbukitan yang lebih tinggi lagi. Tetapi pengunjung juga harus mempersiapkan diri apabila nanti terjatuh, karena jatuh di area bukit pasir cukup membuat kulit perih.

Spot Foto Menarik Gumuk Pasir Parangkusumo

Selain untuk kegiatan sandboarding,gumuk pasir Parangkusumo Yogyakarta juga menjadi salah satu tempat menarik untuk para fotografer. Biasanya banyak sekali pasangan-pasangan muda yang akan menikah melakukan foto prewedding di lokasi ini.

Hasil fotonya pun sangat unik. Seolah-olah meraka sedang berada di tengah Gurun Sahara. Warga setempat juga telah menghias Gumuk Pasir tersebut dengan baik, salah satu wujud nyatanya adalah dengan adanya sepasang ayunan yang berada diatas bukit yang tidak terlalu tinggi.

Selain itu terdapat juga spot foto yangada pohon kaktusnya, lalu terdapat juga beberapa spot foto hasil kreativitas pengurus lokasi wisata ini, yaitu sebuah rangkaian bunga berbentuk hati dan juga sebuah gambar kupu-kupu besar yang dibuat dari tutup-tutup botol minuman yang dibuang.

Kabarnya, gumuk pasir ini juga telah digunakan untuk proses shooting film Perempuan Berkalung Sorban, dan juga ada beberpa Band tanah air yang mengunakannya untuk membuat videoklip mereka.

Perubahan Cuaca Gumuk Pasir Parangkusumo

Cuaca di Gumuk Pasir Parangkusumo ini terbilang cukup ekstrem. Karena pada siang hari cuaca di daerah Gumuk Pasir cukup panas seperti berada di tengah padang pasir sungguhan.

Sedangkan pada malam hari cuaca akan berubah menjadi sangat dingin seperti berada di daerah pegunungan. Oleh karena itu pengunjung yang berencana berkunjung ke tempat wisata ini sampai malam harus menyiapkan stamina yang kuat agar tidak mudah tumbang oleh perubahan cuaca.

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta

Untuk dapat masuk ke lokasi wisata padang pasir ini pengunjung tidak dikenakan biaya yang terlalu mahal. Cukup dengan membayar tiket retribusi sebesar Rp 3000 saja pengunjung sudah dapat menikmati indahnya gurun pasir yang luas ini.

Jam operasinal gumuk pasir Parangkusumo Yogyakarta ini adalah setiap hari senin sampai dengan minggu mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 19.00 WIB.

Fasilitas yang ada di Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta

Fasilitas yang terdapat di gumuk pasir Parangkusumo Yogyakarta juga cukup lengkap. Mulai dari tempat parker yang luas, tempat beribadah, dan juga toilet sudah disediakan oleh pengelola. Sehingga pengunjung tidak perlu bingung untuk mencari fasilitas tersebut.

Dan juga,di sekitar lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo juga terdapat beberapa pedagang yang menjajakan makanan serta minuman kecil. Sehingga ketika pengunjung sudah mulai lelah, haus dan lapar, pengunjung dapat menikmatai makanan-makanan ringan tersebut sebagai pengganjal perut.

 

Jadi, bagi Anda yang masih bingung menentukan tujuan wisata hari libur Anda, Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta dapat dijadikan Alternatif pilihan untuk berlibur. Selain lokasinya yang sangat bagus digunakan untuk berfoto bersama, Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta ini juga dapat memberikan Edukasi bagi pengunjung yang datang.

Untuk dapat mengetahui lebih lanjut fenomena gurun pasir di Yogyakarta ini, pengunjung dapat datang ke Laboratorium Geospasial Pesisir Parangtritis. Di tempat tersebut petugas akan menjelaskan secara detail bagaimana proses terbentuknya gumuk pasir parangkusumo.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *